Kewajiban Muslim Terhadap Rasulullah SAW

Setelah kita mengetahui berbagai hal mengenai kerasulan dan karakteristik atau keistimewaan kerasulan Muhammad SAW, kini kita perlu mengetahui mengenai kewajiban kita sebagai seorang muslim terhadap Rasulullah SAW. Diantara kewajiban kita terhadap beliau adalah:

1.     Mengimaninya.

Allah berfirman (QS. 61 : 10 & 11)

“Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya.”

2.    Mencintainya.

Rasulullah SAW bersabda:

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, ‘Demi Dzat yang diriku berada di tangan-Nya, kalian tidaklah beriman, hingga kalian lebih mencintai aku dari orang tuanya dan anaknya. (HR. Bukhari)

3. Mengagungkannya.

Sebagai umatnya, kita semua harus mengagungkan beliau sebagai seorang rasul, yang telah menunjukkan pada kita jalan Allah yang lurus. Sehingga dalam setiap doa kita, setiap ucapan kita, ceramah kita, dan lain sebagainya senantiasa mengagungkan beliau. Dan salah satu cara untuk mengagungkan beliau adalah dengan melaksakan sunnah-sunnahnya.

4. Membelanya.

Demikian juga kita harus membela Rasulullah SAW, terutama dari mereka-mereka yang ingin mencela dan mengolok-olok Rasulullah SAW. Atau ‘mengkerdilkan’ sunnah nabawiyah.

5. Mencintai mereka-mereka yang dicintainya.

Yaitu secara umum para sahabatnya. Kita harus mencintai mereka dan tidak boleh mencela atau mengejek serta mengolok-olok mereka:

Dari Abdillah bin Mughafal, Rasulullah SAW bersabda;

‘Takutlah kalian kepada Allah dalam bersikap terhadap sahabatku setelah masaku. Dan janganlah kalian menjadikan mereka sebagai tujuan (dalam celaan). Karena barang siapa yang mencintai mereka maka dengan cintaku aku mencintainya (mencintai orang yang mencintai sahabat). Dan barang siapa yang membenci mereka, maka dengan kebencianku, aku membencinya. Barang siapa yang menyakiti mereka, maka ia seperti menyakiti aku. Dan barang siapa yang menyakiti aku, hampir-hampir Allah mengazabnya. (HR. Tirmidzi)

6. Memperbanyak shalawat.

Allah berfirman (QS. 33 : 56)

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

7.    Mengikutinnya.

Allah berfirman (QS. 3 : 31)

“Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

8.  Mewarisi riwalahnya.

Rasulullah SAW bersabda;

‘Barang siapa yang melalui jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Dan sesungguhnya malaikat akan meletakkan sayapnya karena ridha terhadap mereka yang menuntut ilmu. Orang yang berilmu akan dimintakan ampun oleh makhluk Allah yang ada di langit dan yang ada di bumi, sampai ikan-ikan di dalam lautan juga memintakan ampunan buat mereka. Keutamaan orang yang berilmu dengan orang yang ahli ibadah adalah seumpama bulan pada saat purnama dibandingkan dengan bintang-bintang. Dan orang yang berilmu (baca; ulama) merupakan pewaris para nabi. Para nabi tidak mewariskan dinar atau dirham kepada mereka, namun mereka mewariskan ilmu. Barang siapa yang mengambilnya, maka ia telah mengambil bagian yang besar.” (HR. Abu Daud)

Penutup

Kelebihan yang Allah berikan kepada manusia merupakan anugrah yang tiada terhingga, apalagi yang bersifat akal dan fikiran, yang tentunya tidak dimiliki oleh makhluk Allah lainnya. Namun menyandarkan hanya kepada akal dalam mencapai hakekat Allah serta cara untuk beribadah kepadanya, tentulah akal manusia tidak sanggup. Karena itu semua diluar jangkauannya. Oleh karena itulah, adanya seorang rasul menjadi kebutuhan yang sangat primer, guna menapaki kebahagiaan dunia dan akhirat.

Namun setelah Allah mengutus para rasul, banyak diantara umatnya yang membangkang, mengolok-olok bahkan menyiksa para rasul tersebut. Sehingga pada akhirnya, Allah mengazab mereka dengan azab yang pedih, baik di dunia maupun di akhirat. Sejarah telah membuktikan hal tersebut. Sekuat apapun mereka, akhirnya mereka hancur hanya karena kesombongan untuk tidak mengikuti para Rasul.

Tinggallah bagi kita untuk memetik perjalanan kehidupan umat yang terdahulu. Akankah kita menginginkan kebinasaan, kesengsaraan, bencana, malapetaka, baik di dunia maupun di akhirat. Ataukah sebaliknya, kita menginginkan kebahagiaan, ketentraman, kedamaian hati, dan seterusnya di dunia maupun di akhirat.? Jawabannya ada dalam sanubari kita masing-masing. Ya Allah jadikanlah kami orang yang mencintai Rasulullah SAW, dan juga orang yang dicintainya. Dan kumpulkanlah kami kelak bersamanya Amin.

Wallahu A’lam bis Shawab.

By. Rikza Maulan, Lc., M.Ag.

Sumber : daffodilmuslimah

Iklan

Tentang abizakii

"Seorang hamba Allah yang berusaha mengenal dan mencintai Nabi-Nya"
Pos ini dipublikasikan di Rasulullah SAW dan tag , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Kewajiban Muslim Terhadap Rasulullah SAW

  1. abihasan berkata:

    aamiin Allahumma aamiin…

  2. guroba' berkata:

    ASSALAAMU ‘ALAYKA YA RASULALLAH
    ASSALAAMU ‘ALAYKA YA HABIBALLAH
    ASSALAAMU ‘ALAYKA YA NABI YARROHMAH
    ASSALAAMU ‘ALAYKA YA SAYYIDAL MURSALIIN
    ASSALAAMU ‘ALAYKA YA SHOHIBASY SYAFA’AH

    ISYFA’ LANA

    ALLAHUMMA SHOLLI WASALLIM WABAARIK ‘ALAIHI WA ‘ALAA AALIH

    • abizakii berkata:

      ALLAHUMMA SHOLLI A’LA sAYYIDINA MUHAMMAD WA ALIHI WASAHBIHI WASSALIM

      Assalamu a’laikum terimakasih telah berkunjung…

      • guroba' berkata:

        ALAIKUMUSSALAAM WARAHMATULLAH WABARAKATUH YA ABA ZAKI,

        SMOGA ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA SENANTIASA MERAHMATI DAN MEMBERKAHI ANTUM SEKELUARGA, MENJAGA LAHIR DAN BATIN ANTUM UNTUK SENANTIASA BERADA DALAM KERIDHOAN-NYA….AAMIIN….MOHON DOAKAN JUGA SAYA..

        SYUKRAN KATSIRAN

      • abizakii berkata:

        Amin..Allahumma Amin Saudaraku,Terimakasih atas Do’anya tiada hadiah yg lebih agung dari doa.”
        Semoga Allah Melimpahkan nikmat kesehatan dan nikmat perlindunganNya Serta dipanjangkan Umur Dalam keberkahanNya Buat Antum Sekeluarga Aminn..Ya Rabbal a’lamin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s