MENGAGUNGKAN NAMA ALLAH SWT.

Dalam sebuah riwayat yang tsiqah di dalam Ma’jam Al Kabir  ketika Allah subhanahu wata’ala memberikan ujian kepada nabi Khidhir dengan keagungan nama-Nya hingga suatu saat datang seseorang kepadanya dan meminta shadaqah kepadanya maka ia berkata : ” Aku tidak memiliki apa-apa untuk dishadaqahkan ” , maka orang itu berkata : ” As-aluka billah , aku meminta kepadamu dengan nama Allah ” , maka nabi Khidir berkata : ” Jika kau telah menyebut nama Allah , aku tidak bisa mengatakan kata ” Tidak ” lagi , memang aku tidak memiliki apa-apa maka juallah diriku sebagai budak , karena diriku tidak ada artinya dibanding dengan nama Allah subhanahu wata’ala ” .

Maka orang itu berkata : ” kau sungguh-sungguh dengan ucapanmu ? ” , maka nabi Khidir berkata : ” iya aku sungguh-sungguh , juallah diriku karena diriku tidak berarti apa-apa dibanding dengan nama Allah dan kau meminta dengan nama Allah ” , maka ia pun membawa dan menjualnya sebagai budak , dan dibeli oleh seseorang kemudian orang itu membawa budaknya yaitu nabi Khidir AS ke rumahnya . Tetapi ia tidak diperintah oleh tuannya sampai beberapa hari , maka nabi Khidir bertanya kepada orang yang membelinya : ” wahai tuan , kau telah membeliku dan aku telah menjadi budakmu tapi mengapa kau tidak memerintah aku ? ” , maka tuannya berkata : ” Kau ini sepertinya orang yang sangat berwibawa sehingga aku tidak berani memerintahmu , jangan-jangan kau ini adalah raja karena kau begitu berwibawa bukan seperti budak ” , maka nabi Khidhir berkata : ” perintahlah aku ” , maka tuan itu berkata : ” baiklah kalau kau mau membantu aku, disana ada beberapa bongkahan batu seperti gunung kalau bisa tolong pindahkan batu itu ke tempat lain semampumu saja , aku mau berangkat ke pasar sebentar” .

Setelah tuannya pulang dari pasar , semua batu telah dipindahkan ke tempat yang diinginkan . Maka ia berkata : ” wahai budakku , kau ini siapa , pekerjaan ini meskipun dikerjakan oleh sepuluh orang belum akan selesai dalam tiga hari , tapi kau mengerjakannya sendiri ” , maka nabi Khidir berkata : ” Dengan izin Allah ” . Maka tuannya berkata : ” Baiklah kalau begitu , aku dan keluargaku akan pergi ke luar kota dan rumahku akan direnovasi , maka engkau bantulah semampumu , besok aku pulang ” .

Setelah ia berangkat dan pulang keesokan harinya , ia mendapati rumahnya telah rapi dan selesai direnovasi . Maka tuannya berkata : ” jika aku kumpulkan para kuli bangunan untuk merenovasinya maka tidak akan selesai dalam puluhan hari , tapi kau selesaikan dalam satu malam ” , maka nabi Khidir berkata : ” dengan izin Allah ” . Maka tuan itu berkata : ” sekarang jawab dengan jujur kau ini siapa ? ” , nabi Khidir menjawab : ” Aku hamba Allah ” , tuannya pun bertanya lagi dan nabi Khidir menjawab : ” aku ini tidak lebih dari hamba Allah ” , maka sang tuan berkata lagi : ” Aku bertanya kepadamu demi keagungan nama Allah , siapa engkau ? ” , maka ia berkata : ” Aku Khidir Nabiyyullah ” , maka orang itu pun bersimpuh mencium kaki dan lutut nabi Khidir seraya berkata : ” wahai nabi Allah , limpahkan bala’ kepadaku , agar jangan sampai aku di azab Allah di akhirat karena aku telah memperbudak seorang nabi ” , maka nabi Khidir berkata : ” Tidak , engkau tidak salah , kau tidak memperbudak seorang Nabi karena kau tidak tau ” , maka ia berkata : ” Wahai nabi Allah apa yang engkau mau ? ” , nabi Khidir berkata : ” Kalau engkau mau bebaskanlah aku agar aku bebas beribadah ” , maka tuan itupun berkata : ” Kau telah aku bebaskan wahai Nabi Khidir ” . Maka nabi Khidir berkata : ” Maha Suci Allah yang membuat aku terperbudak karena nama-Nya dan terbebaskan karena nama-Nya .

Demikian keadaan orang-orang yang mengagungkan nama Allah subhanahu wata’ala .

Dikutip dari: Ceramah Hb.Munzir Bin Fuad Almusawwa.

Iklan

Tentang abizakii

"Seorang hamba Allah yang berusaha mengenal dan mencintai Nabi-Nya"
Pos ini dipublikasikan di Riwayat dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke MENGAGUNGKAN NAMA ALLAH SWT.

  1. purwatiwidiastuti berkata:

    subahanallah wal hamdulillah wala ilaha ilallahhu allahu akbar

    purwati
    http://purwatiwidiastuti.wordpress.com
    http://purwati-ningyogya.blogspot.com
    http://purwatining.multiply.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s