KADO RASULULLAH MUHAMMAD SAW

Kelahiran Rasulullah  Muhammad shallallahu ‘alayhi wasallam ke muka bumi ini merupakan karunia teragung yang dianugerahkan Allah untuk umat manusia.

Kelahirannya bak matahari terbit menyinari alam semesta dari kegelapan malam. Ia bagaikan bulan purnama di antara bintang-bintang dan air di tengah-tengah gurun sahara, cahayanya menjanjikan kebahagiaan dan ketenteraman abadi, kesejukannya mengantarkan kemenangan dan kesejahteraan yang hakiki.

Rasulullah… oh…Rasulullah aku sambut kedatanganmu dengan rangkaian bunga shalawat dan salam. Rabi’ul Awal adalah bulan yang dinantinantikan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia, karena pada bulan inilah Rasulullah Muhammad sang penghulu sekaligus penutup para nabi  dan rasul Sayyidul Anbiya wa ar-Rusul wa Khatamuhum, kekasih Allah, dambaan manusia lahir.

Kelahirannya ditandai dengan kejadian kejadian menakjubkan pertanda keagungan dan kemuliaannya. Siapapun bangga dan bersyukur akan kehadirannya di muka bumi ini. Betapa tidak, karena atas jasa besarnya-lah umat manusia terselamatkan dari jurang kenistaan yang tiada  berpenghabisan, tentunya bagi mereka yang mengikuti ajarannya.

Memperingati hari kelahiran nabi Muhammad adalah salah satu bentuk rasa syukur kita sebagai umat Islam atas kelahirannya, maulid juga menjadi momen untuk menghangatkan kembali ingatan kita akan perjuangan Rasulullah dalam menegakkan panji-panji kebenaran di muka bumi ini dan kemudian kita jadikan suri tauladan dalam mengarungi kehidupan di dunia ini.

Nasab Nabi Muhammad SAW

Beliau adalah Muhammad ibn Abdillah ibn Abdul Muththalib ibn Hasyim ibn Abdimanaf ibn Qushayy ibn Kilab ibn Murrah ibn Ka’b ibn Luaiy ibn Ghalib ibn Fihr ibn Malik ibn Nadlr ibn Kinanah ibn Khuzaimah ibn Mudrikah ibn Ilyas ibn Mudlar ibn Nizar ibn Ma’d ibn ‘Adnan, kemudian nasab beliau dari ‘Adnan hingga Nabi Ibrahim terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama ahli nasab. Ibunya adalah Aminah binti Wahb ibn Abdi Manaf ibn Zuhrah ibn Kilab ibn Murrah.

Keajaiban-keajaiban yang Terjadi di Hari Kelahirannya

  • Pada hari kelahirannya tiba-tiba api yang menjadi sesembahan orang-orang Majusi padam, padahal api tersebut tidak pernah padam sebelumnya selama seribu tahun.
  • Danau Sawah-pun mengering, singgasana raja Persia goncang dan lima belas balkon berguguran.
  • Suatu hari ketika melewati sebuah gunung di Makkah ia tidak melewati pepohonan dan bebatuan kecuali mengucapkan salam kepadanya:

لسلام عليك يا رسول الله

  • Di antara dua pundaknya terdapat cap Khatamun Nubuwwah.
  • Awan tebal dengan setia menaunginya dari sengatan terik matahari.

Sebagian Sifat-Sifat Nabi Muhammad
Dia berperawakan sedang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek, mukanya bersinar bagaikan rembulan di malam purnama,bulu matanya panjang dan melengkung,jenggotnya lebat dan rapi,antara satu pundak dengan pundak yang lainnya berukuran lebar,rambutnya memanjang sampai pundaknya.

Ketika Rasulullah wafat pada usia 63 tahun,tidak terdapat lebih dari dua puluh helai rambut yang berwarna putih (uban),baik rambut kepala maupun jenggotnya.Nabi Muhammad adalah sosok seorang laki-laki sejati, Allah memberikan kekuatan baginya sebanding dengan 40 orang laki-laki perkasa ,dia seorang pemberani,ditakuti musuh-musuhnya dan disegani sahabat sahabatnya,namun demikian dia adalah orang yang sangat rendah hati (tawadlu’),sabar,tutur katanya halus dan penuh dengan hikmah,tidak pernah menyakiti hati sahabatsahabatnya baik yang baru ia kenal ataupun yang sudah lama ia kenal dan akhlaknya sangat mulia.

Bila kita gambarkan maka al Qur’an adalah gambaran yang paling tepat untuk menggambarkan akhlak Rasulullah.‘Aisyah berkata:

“وكان خلقه القرآن “.

Maknanya: “Dan akhlaknya adalah al Qur’an”.
Yakni setiap akhlak baik yang disebutkan di dalam al Qur’an ada padanya.

[www.darulfatwa.org.au]
Iklan

Tentang abizakii

"Seorang hamba Allah yang berusaha mengenal dan mencintai Nabi-Nya"
Pos ini dipublikasikan di Rasulullah SAW dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s