Rasulullah Dan Nenek Tua

Pada suatu hari, di kota Mekkah, Rasulullah melihat seorang wanita tua yang tengah menunggu seorang yang bisa dimintai tolong membawakan barangnya. Benar saja begitu Rasulullah lewat didepannya, ia memanggil, “Ya Ahlal Arab! Tolong bawakan barang ini. Nanti akan ku bayar!”

Rasulullah sebenarnya sengaja lewat dihadapan nenek itu karena bermaksud hendak menolongnya. Maka ketika Rasulullah menghampirinya, beliau segera mengankat baran-barang itu seraya berkata, “Aku mengangkatkan barangmu tanpa bayaran.”

Nenek tua itu amat senag mendengar perkataan tersebut karena selama ini sangat jarang orang yang membantunya tanpa pamrih sedikitpun. Biasanya walaupun tidak meminta, tetapi jika dia memberi bayaran, orang dengan senang hati akan menerimanya. Dia pandangi wajah Muhammad yang bersih dan teduh. Dia yakin orang yang menolongnya kini adalah seorang yang berbudi luhur dan jujur. Di tengah perjalanan wanita itu berkata menasihatinya, “Kabarnya di kota Mekkah ini ada seorang yang mengaku Nabi, namanya Muhammad. Hati-hatilah engkau dengan orang itu. Jangan sampai engkau terperdaya mempercayainya!”

Nenek tua itu sama sekali tidak tahu bahwa orang yang menolingnya, yang kini ada bersamanya adalah Muhammad. Maka Nabi berkata Kepadanya, “Aku Muhammad.”

Nenek itu terperangah kaget mengetahui bahwa pemuda yang meolongnya adalah Mudammad. Maka pada saat itu juga nenek itu langsung mengucapkan syahadat. Ucapnya, “Aku bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah, dan bahwa engkau adalah Rasulullah, dan sesungguhnya engkau memiliki akhlak yang luhur!”

(Sumber : Nasiruddin, S.Ag, MM, 2007, Kisah Orang-Orang Sabar, Republika, Jakarta.)

About these ads

Tentang abizakii

"Seorang hamba Allah yang berusaha mengenal dan mencintai Nabi-Nya"
Tulisan ini dipublikasikan di Rasulullah SAW dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Rasulullah Dan Nenek Tua

  1. arroudloh berkata:

    Alaikumussalaam Warahmatullah Wabarakatuh..Amiin.. Ya Rabbal ‘Alamin.. Terima kasih atas doanya, semoga kebaikan doanya amm juga terlimpahkan kepada amm dan keluarga..

    Smg kita semua dapat berkumpul dg Rasulullah Shallahu alahi wa sallam.. Amiin

  2. arroudloh berkata:

    Begitu Indah Budi Pekerti mu Wahai Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam..

    Rinduku Padamu Ya Habiballah..

    Salam silahturahmi..
    ^-^

    • abizakii berkata:

      Assalamu alaikum
      Semoga Allah Selalu melimpahkan nikmat kesehatan dan nimat perlindungan kepada antum sekeluarga dan dikumpulkan bersama Rasulullah di akhirat nanti..
      Terimakasih tlh berkunjung

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s